SILABUS
PEMBELAJARAN KELAS IV SEMESTER I
Nama
Sekolah :
...................... ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan
fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Nilai
karakter
|
|||||||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||
1.1.
Mendeskripsikan hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
Rangka dan Panca
Indera Manusia
a.
Mengenal Rangka Manusia
-Bagian rangka
-Fungsi rangka
|
-Mengamati gambar atau rangka manusia seperti:
-
a.rangka
kepala
-
b.rangka
badan
-
c.rangka
anggota gerak
-
-Berdiskusi
tentang jenis-jenis sendi
-Berdiskusi
mengenai fungsi rangka manusia
|
-Menyebutkan
bagian-bagian rangka tubuh manusia
-Menjelaskan
hubungan antara struktur rangka tubuh manusia dan fungsinya
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Isilah titik-titik
di bawah ini dengan benar
1.Tulang-tulang yang tersusun secara teratur
disebut....
2.Penghubung antar tulang disebut....
3.Tulang dahi terdapat pada rangka....
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Kerjasama
Tanggung jawab
|
|||||||
1.2.
Menerapkan cara memelihara kesehatan
kerangka tubuh
|
Rangka dan Panca
Indera Manusia
a. Mengenal
Rangka Manusia
- Memelihara rangka
|
-Mencari informasi mengenai penyakit yang
menyerang tulang seperti
-
a.Osteoporosis
-
b.TBC tulang
-
c.Rematik
-
-Berdiskusi tentang cara menjaga
kesehatan tulang
|
-Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
-Mencari
informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
|
Tes tertulis
Lisan
|
Laporan
uraian
|
Isilah titik-titik
di bawah ini dengan benar
1.apa yang
di maksud dengan kifosis? 2.Bagaimana cara mencegah penyakit polio? 3.Bagaimana
cara menjaga kesehatan rangka?
|
2 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Mandiri
Tanggung jawab
Kerjasama
Gemar
membaca
|
|||||||
1.3. Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
|
Rangka dan Panca
Indera Manusia
|
-Mengamati model/gambar alat indra
-Tanya jawabmengenai kegunaan alat
indra
|
-Mengidentifikasi
alat indera manusia berdasarkan pengamatan
-Menjelaskan
kegunaan alat indera
|
Tes tertulis
lisan
|
Uraian
|
Isilah titik-titik
di bawah ini dengan benar
1.Apa fungsi bulu
mata
2.Apa fungsi bulu
hidung? 3.Sebutkan bagian-bagian telima!
|
8 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung jawab
Kerjasama
Rasa
ingin tau
|
|||||||
1.4.
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca
Indera
|
Rangka dan Panca
Indera Manusia
|
-Mencari
informasi cara merawat alat indra
-Mendiskusikan
kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk
|
-Memberi
contoh cara merawat alat indera.
-Menjelaskan
tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Isilah titik-titik
di bawah ini dengan benar
1.miopi adalah....
2.penyakit yang
biasa menyerang lidah adalah....
3.anosmia adalah....
|
4jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung jawab
Kerjasama
Rasa
ingin tau
|
|||||||
|
|
|
||||||||||||||
SILABUS PEMBELAJARAN KELAS IV SEMESTER I
Nama
Sekolah :
......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan
fungsinya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Nilai Karakter
|
||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
2.1
Menjelaskan hubungan antara struktur akar
tumbuhan dengan fungsinya
|
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
A.
Akar
o Struktur
akar
o Keguanaan
akar
|
-Mengamati jenis akar
yang ada di sekitar
-Mendiskusikan bagian-bagian akar dan
fungsinya
|
-Menyebutkan bagian-bagian akar
tumbuhan
-Mendeskripsikan jenis-jenis akar serabut
dan akar tunggang
-Mendeskripsikan
akar gantung, akar tunjang dan akar napas
-
Menjelaskan fungsi akar bagi tumbuhan
|
Tes tertulis
perbuatan
|
Laporan
Uraian
|
Jawablah pertanyaan
di bawah ini
1.Sebutkan
bagian-bagian akar!
2.Sebutkan
jenis-jenis akar1
3.Sebutkan fungsi
akar!
|
2 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Kerjasama
Peduli
lingkungan
|
||
2.2
Menjelaskan hubungan antara struktur batang
tumbuhan dengan fungsinya
|
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
B.
Batang
-Jenis batang
-Kegunaan batang
|
-Mengamati batang tumbuhan yang ada
di sekitar
-
batang basah
-
batang berkayu
-
batang rumput
-Memberi
contoh tumbuhan yang memiliki jenis batang basah,batang kayu,dan batang
rumput
-Berdiskusi
mengenai fungsi batang
|
-Menyebutkan
bagian-bagian batang pada tumbuhan
-Menjelaskan
jenis-jenis batang
-Menjelaskan fngsi batang bagi tumbuhan
|
Tes tertulis
|
Laporan
Uraian
|
1.sebutkan contoh
tumbuhan yang memilki batang berkayu!
2.Sebutkan fungsi
batang pada tumbuhan!
3.Apa fungsi kambium
pada batang?
|
2 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Kerjasama
Tanggung
jawab
Peduli
lingkungan
Disiplin
|
||
2.3
Menjelaskan hubungan antara struktur daun
tumbuhan dengan fungsinya
|
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
C.
Daun
-Bentuk daun
-Kegunaan daun
|
-Mengamati daun tumbuhan yang ada di
sekitar
-Berdiskusi tentang bagian bagian
daun dan fungsinya
|
-Menyebutkan
bagian-bagian daun pada tumbuhan
-Menjelaskan
jenis-jenis tulang daun
-Menjelaskan
fungsi batang bagi tumbuhan
|
Tes tertulis
|
Laporan
Uraian
|
1.Sebutkan
bagian-bagian daun!
2.Sebutkan
jenis-jenis tulang daun pada tumbuhan1
3.Jelaskan fungsi
daun bagi tumbuhan!
|
2 jp
|
Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga, Buku IPA kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Peduli
lingkungan
kerjasama
|
||
2.4
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan
fungsinya
|
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
D.
Bunga dan buah
|
-Mengamati bunga yang ada di sekitar
-Menyebutkan bagian –bagian yang
dimiliki bunga sempurna seperti :
-Mendiskusikan
fungsi bunga bagi tumbuhan
-
Hiasan tumbuhan
-
Tempat berlangsungnya perkembangbiakan
tumbuhan
-
-Mengamati macam-macam buah yang ada
di sekitar sebagai pelindung dari biji yang merupakan bakal tumbuhan baru
|
-Mendeskripsikan bagian-bagian yang
dimiliki bunga sempurna
-Mendeskripsikan
kegunaan bunga
-Mendeskripsikan
bagian-bagian yang dimiliki buah dan biji
-Mendeskripsikan kegunaan buah dan
biji
|
Tes tertulis
|
Laporan
Uraian
|
1.Sebutkan
bagian-bagian bunga sempurna!
2.Sebutkan fungsi
bunga bagi tumbuhan!
3.Jelaskan fungsi
buah bagi tumbuhan!
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Kerjasama
Peduli
lingkungan
|
SILABUS PEMBELAJARAN KELAS IV SEMESTER
I
Nama
Sekolah :
...................... ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1 Mengidentifika-si
jenis maka-nan hewan
|
Menggolongkan Hewan
A.
Berbagai Jenis, Makan Hewan
|
-Menyebutkan jenis-jenis makanan
hewan
-Tanya jawab tentang pengelompokan
jenis makanan hewan
|
-Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1.Sebutkan contoh hewan pemakan
rumput!
2.sebutkan contoh hewan pemakan
hewan!
2.Sebutkan jenis burung pemakan
daging!
|
2 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Rasa
ingin tau
Peduli
lingkumgan
|
3.2 Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
|
Menggolongkan Hewan
B.
Menggolongkan Hewan
-Herbivor
-Karnivor
-Omnivor
|
-Berdiskusi
tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
-Herbivor
-Karnivor
-Omnivor
|
-Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora),
pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
|
Tes tertulis
|
uraian
|
1.Apa yang dimaksud
dengan herbivora ?
2.Apa yang dimaksud
dengan karnivora ?
3.Apa yang dimaksud
dengan omnivora ?
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Kerjasama
Disiplin
Tanggung
jawab
Peduli
lingkungan
|
SILABUS PEMBELAJARAN
KELAS IV SEMESTER I
Nama
Sekolah :
...................... ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
Kompetensi Dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.1 Mendeskripsikan
daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk,
kupukupu, kucing.
|
Daur
Hidup Hewan
A.
Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
-Daur Hidup Ayam
-Daur Hidup Kucing
- Daur Hidup Kanguru
B.
Daur Hidup dengan Metamorfosis
-Daur Hidup
Kupu-Kupu
-Daur Hidup Nyamuk
-Daur Hidup Lalat
-Daur Hidup Kecoa
-Daur Hidup Katak
|
-Mengamati gambar daur hidup hewan
-Tanya jawab mengenai daur hidup
hewan
-Berdiskusi mengenai daur hidup hewan
yang melalui metamarfosis dengan daur hidup hewan tampa metamarfosis
|
-Mendeskripsikan
urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
-Menyimpulkan
berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara
yang sama.
-Menyimpulkan
bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.
|
Tes tertulis
Lisan
|
Uraian
|
1.Apa yang dimaksud
dengan metamarfosis?
2.Sebutkan hewan
yang mengalami daur hidup dengan metamarfosis!
3.Sebutkan hewan yang
mengalami daur hidup tampa metamarfosis?
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Kerjasama
Peduli
lingkungan
|
4.2
Menunjukkan kepedulian terhadap hewan
peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
|
-Memelihara
Hewan Peliharaan
-Memberi
makan yang sehat
-Menjaga
kebersihan tubuh hewan
-Membuat
kandang hewan
|
-Memberi contoh macam-macam hewan
peliharaan
-Tanya jawab mengenai cara memelihara
hewan peliharaan
|
-Mengidentifikasi
cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
-Mendemonstrasikan
cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1.Sebutkan contoh
binatang peliharaan!
2.Sebutkan hal-hal
yang perlu diperhatikan jika memelihara hewan peliharaan!
3.Bagaimana cara
memelihara ayam?
|
2 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Rasa
ingin tau
Peduli
lingkungan
disiplin
|
SILABUS PEMBELAJARAN
KELAS IV SEMESTER I
Nama
Sekolah :
...................... ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara
makhluk hidup dengan Lingkungannya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.1 Mengidentifikasi
beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan”
antar makhluk hidup (rantai makanan)
|
Makhluk
Hidup dan Lingkungannya
A.
Hubungan antar makhluk hidup
-Simbiosis mutualisme
-Simbiosis komensalism
-Simbiosis parasitisme
C.
Rantai makanan
|
-Tanya
jawab mengenai hubungan antar makluk hidup
-Menyebutkan
contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme
-mengambarkan
rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut
|
-Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup
(simbiosis)
-Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi
akibat hubungan antarmakhluk hidup.
-Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk
hidup melalui rantai makanan sederhana
|
Tes tertulis
Lisan
Perbuatan
|
unjuk kerja
Urian
|
1.apa yang dimaksud dengan simbiosis?
2.Sebutkan dan jelaskan tiga macam
simbiosis!
3.Sebutkan contoh simbiosis
parasitisme!
4.Gambarkan rantai makanan di sawah!
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Peduli
lingkungan
|
5.2 Mendeskripsikan
hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
Makhluk
Hidup dan Lingkungannya
B.
Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem
-Ekosistem hutan
-Ekosistem sawah
-Ekosistem kolam hias
-Ekosistem kebun
D.
Pengaruh perubahan lingkungan
-Pencemaran
-Penebangan dan kebakaran hutan
|
-Mengamati
anggota ekosistem kebun , kolam hias, sawah dan hutan
-Mendiskusikan
bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan
sekitar
-Mengamati
dan memahami bahwa pencemaran, penebangan dan kebakaran hutan merusak
kelestarian lingkungan.
|
-Mengamati
bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan
sekitar.
-Memprediksi
kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari
pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.
|
Tes tertulis
Unjuk kerja
|
Laporan
Uraian
|
1.Apa yang dimaksud dengan ekosistem?
2.Sebutkan komponen biotik dan
abiotik di ekosistim kolam?
3.Jelaskan ketergantungan antara ular
sawah dan padi!
4.Jelaskan pengaruhkebakaran hutan
terhadap perubahan lingkungan!
|
6
jp
|
Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga, Buku IPA kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Kerjasama
Peduli
lingkungan
|
SILABUS PEMBELAJARAN
KELAS IV SEMESTER I
Nama
Sekolah :
...................... ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta
berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.1 Mengidentifikasi
wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
|
Benda
A.Sifat
berbagai wujud benda
-Sifat
benda padat
-Sifat
benda cair
-Sifat
benda gas
B.Benda
dapat melarutkan benda lain
|
-Tanya
jawab tentang macam-macam wujud benda
-Berdiskusi
tentang sifat-sifat benda padat,cair,dan gas
-Melakukan
percobaan bahwa benda padat ada yang dapat larut pada benda lain
|
-Menunjukkan
bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.
-Mendeskripsikan
benda dapat melarutkan benda lain
|
Tes tertulis
Perbuata
Unjuk kerja
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian
|
1.Sebutkan contoh
benda padat!
2.Apa saja sifat benda cair?
3.Berikan contoh benda padat yang
dapat larut pada benda lain!
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Kerjasama
|
6.2
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud
cair ® padat ®
cair; cair ® gas ®
cair; padat ® gas.
|
C.Perubahan wujud benda
-Padat → cair
-Cair → padat
-Cair → gas
-Gas → cair
-Padat → gas
|
-Melakukan percobaan tentang
perubahan wujud benda
-Diskusi hasil percobaan
|
-Mengidentifikasi
perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
-Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya
|
Tes tertulis
Unjuk kerja
perbuatan
|
Laporan
dan unjuk kerja
Isian
Uraian
|
1.Perubahan wujud benda
dari cair menjadi padat di sebut....
2.Menyublim
adalah....
3.Jelaskan faktor
yang mempengaruhi perubahan wujud benda
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Kerjasama
Tanggung
jawab
disiplin
|
6.3
Menjelaskan hubungan antara sifat bahan
dengan kegunaannya
|
D.
Sifat bahan dan kegunaanya
E.
Benda di buat dari berbagai bahan
|
-Mencari informasi bahan-bahan yang
sesuai dengan tujuan tertentu
-Tanya jawab tentang sifat bahan dan
kegunaanya
-Menyebutkan contoh alat rumah tangga
yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaanya
|
-Mengidentifikasi
kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.
-Membandingkan
berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan
tertentu.
-Mengidentifikasi
berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.
|
Tes tertulis
lisan
|
Uraian
|
1.Sebutkan alat-alat
rumah tangga dari bahan alumunium!
2.Sebutkan sifat
plastik!
3.Sebutkan kegunaan
kaca dalam kehidupan sehari-hari!
|
4 jp
|
-Buku
SAINS SD
Kelas IV
Penerbit
Erlangga
-Buku IPA
kelas IV penerbit BSE
|
Rasa ingin tau
Disiplin
Kerjasama
Peduli lingkungan
|
thank you so much for these syllabus, really helps me alot :)
BalasHapusSangat bermanfaat untuk dipelajari dan acuan untuk guru-guru
BalasHapusbermanfaat, menambah pengetahuan
BalasHapusCasino City Hotel - MapyRO
BalasHapusCasino City Hotel offers a casino, 서산 출장마사지 poker room, lounges and Address: 777 Casino Center 속초 출장샵 Boulevard New 평택 출장샵 York 충주 출장샵 City, NY 11701. Rating: 4 · 2 과천 출장마사지 reviews